Selasa, 03 Maret 2015

MELATIH TANGAN KIRI AGAR HIDUP

 MELATIH TANGAN KIRI

 Salam drummer.. emm.. kali ni ane akan share satu buah tips dimana tips ini mungkin bermanfaat buat temen 2 drummer untuk mengatasi salah satu problem krusial atau mungkin terbesar pada setiap drummer (agak lebay mungkin.. hehehe) yaitu menghidupkan tangan kiri kita. Mungkin banyak dari temen2 mengalami bahkan saya jamin 99% dari semua drummer memiliki tangan kiri yang kurang lincajh dengan kata lain kalah lincah dengan tangan kanan.



Well menurut buku yang saya temukan di jurang… menurut ane selama main drum permasalahannya sih cukup sederhana yaitu jam terbang tangan kiri kurang banyak dari pada tangan kanan. Kebanyakan untuk drummer non kidal tangan kanan berfungsi sebagai pengatur tempo sedangkan tangan kiri hanya untuk memberikan accent groove pada sebuah beat. Btw ni istilah ane sendiri. Kalo mungkin kurang cocok silakan dikoreksi.
Tangan kanan terbiasa atau mungkin sangat terbiasa melakukan berbagai macam ketukan. Itu sebabnya tangan kanan kita memiliki fingering teknik yang alami dan terkontrol.
Nah yang harus dilakukan untuk menghidupkan tangan kiri kita sebenarnya cukup sederhana yaitu menyamakan jam terbang tangan kiri sama dengan tangan kanan.
Bingung? Ok…  saya berikan perumpamaan sederhana.. jika selama kita maen drum dari mulai belajar ampe sekarang (misal 7 tahun ngedrum) tangan kanan sudah memukul head drum sebanyak 1.000.000 kali, btw ni hanya perumpamaan… maka untuk mencapai kualitas yang sama maka tangan kiri juga harus memukul sebanyak 1.000.000 kali.
Yang bisa kamu lakukan :
  • Melakukan single stroke dengan satu tangan kiri. Mulai dari ketukan lambat 120 bpm dan naikkan saat kamu uda terbiasa.
  • Gunakan media yang tidak menghasilkan pantulan seperi pada tips rudiment yang udah ane tulis di post yg lalu.
  • Setelah single stroke cobalah dobel stroke, four stroke dan selanjutnya
  • Variasikan pukulan single stroke ke Tom1, tom2 dan flor tom. Misal :  five stroke dengan tangan kiri dengan ketukan 1/8 dengan kec 140 bpm dengan rumus Snare + Tom 1 + Tom 2 + Floor Tom + Snare. Artinya 5 kali pukulan di snare, 5 kali di Tom 1 dan seterusnya. (Btw tips ini ane ambil dari lesson flo mounier)
  • Latih pakai metronome ya untuk melatih inner tming, menjaga kestabilan dan untuk mengukur progres kecepatan yang kita miliki.
  • Latihan pake  flying finger technique (ane bahas detail pada post berikutnya)
  • Sabar dalam berlatih dan tetap fokus
 Tips ini ane terinspirasi oleh flo mounier dalam DVDnya Extreme Metal Drummer dan menurut ane lumayan efektif lo… Video Lesson Flo Mounier bisa kamu dapatkan disini.
Jadi selamat berlatih dan mari kita keluarkan kesenjangan sosial anatara tangan kanan dan kiri.. hahaha…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar